0
"PELUANG BISNIS BIDANG KULINER"



STMIK AMIKOM YOGYAKARTA
TAHUN AJARAN 2015/2016


Disusun Oleh :

Nama : Angga Permana
NIM : 15.11.8612
Kelas : S1-TI-02



BAB I

ABSTRAK

 Makanan adalah kebutuhan pokok manusia yang paling utama karena semua manusia pasti butuh makan untuk memberikan nutrisi dan energi pada tubuhnya. Dan berbisnis makanan/ kuliner boleh dibilang salah satu jenis usaha yang tidak akan pernah “mati” karena akan selalu dicari oleh banyak orang untuk memenuhi kebutuhan tubuh mereka.
Kalau kita melihat pasar Indonesia, tentu ada banyak sekali peluang usaha makanan yang bisa dilakukan oleh calon pebisnis yang menyukai usaha kuliner. Masyarakat Indonesia sangat terkenal konsumtif dibanding negara-negara lain, termasuk dalam hal makanan. Dan Indonesia terkenal dengan jenis makanannya yang beragam dari berbagai daerah, mulai dari makanan utama hingga makanan ringan. Harganya pun beragam mulai dari yang murah, sampai yang mahal.
Di dalam kehidupan kita tidak terlepas dari makan dan minum. Di negara kita di Indonesia banyak sekali ragam makanan khas dari berbagai daerah. Serta banyak pula kekayaan alam yang dapat di olah menjadi berbagai makanan dan minuman. Maka banyak pula peluang usaha dalam bidang kuliner ini, karena semua orang pasti membutuhkan makanan dan minuman.
Banyak pula bahan makanan yang bisa di jadikan makanan yang baru dengan kreatifitas kita masing masing serta dengan cirri khas nya masing masing. Misalnya cirri khas pada rasa , tampilan serta cara penyajiannya. Maka tidak sedikit pula orang yang berhasil dalam bisnis ini karena semua orang pasti butuh makan.

BAB II
ISI

Peluang Bisnis Dalam Bidang Kuliner
Di dunia ini semua makhluk hidup pasti membutuhkan makanan dan minuman. Karena semua makhluk hidup pasti menginginkan kelangsungan hidup yang panjang, dengan demikian pula banyak orang yang mencari makanan dan minuman, sehingga banyak pula peluang bisnis dalam bidang ini. Kita juga bisa memasarkan makanan kita dengan cara online, seperti halnya yang di pelajari di STMIK AmikomYogyakarta, belajar IT sekaligus manajemen bisnisnya. Untuk memulai semuanya ada berbagai hal yang perlu diperhatikan, yaitu :

Pemilihan Lokasi pembuatan Warung
Pemilihan lokasi yang strategik tentu akan menunjang penghasilan   kita dalam hariannya. Karena suatu lokasi memiliki karakteristik yang   berbeda, seperti di areal keramaian misalkan kampus, taman kota,   ataupun daerah yang ramai lalu-lalang pembeli tentunya.

Perizinan
Perolehlah izin dari pemerintah setempat untuk memulai bisnis kuliner  diwilayah yang anda tinggali. Jika anda memulai bisnis dengan illegal   tentu kedepannya tidaklah baik.

Pemilihan Nama Masakan ataupun Warung
Ini merupakan hal yang sangat penting untuk memperoleh pembeli.   Karena dengan nama masakan atau nama toko yang pengunjung   masih awam, mereka akan merasa penasaran dan akan mendatangi lokasi toko atau warung tempat bisnis kuliner anda.

Target Pasar
Ini juga merupakan hal penting dalam memulai bisnis kuliner. Target   pasar ini membahas mengenai pelanggan yang akan kita datangi   mencakup umur maupun profesi.

Media Periklanan
Anda juga dapat mendapatkan pelanggan secara maksimal melalui  media periklanan. Dengan mengiklankan warung anda yang tentunya  diberi slogan ataupun rayuan misalkan sebuah promo mingguan atau  harian beli 1 gratis 1 dan sebagainya.

Kebersihan dan kenyamanan warung
Kebersihan warung anda harus tetap terjaga, sehingga makanan   yang dihidangkan pun akan terlihat indah dan menggiurkan.

Peningkatan Mutu dan Kualitas Pelayanan
Layanilah konsumen dengan keramahan dan senyuman, insyallah   pelanggan akan terus kembali ke warung anda.

Kesimpulannya yaitu usaha kuliner sangat menjanjikan karena manusia pasti membutuhkan makan dan minum apalagi jika sedang dalam perjalanan dan istirahat mereka pasti tak lepas dari yang namanya makan.
Dalam melakukan bisnis makana ini ada 3 hal penting yaitu :
Membentuk atau membuat makanan yang baru
Maksudnya ialah kita membuat makanan yang baru dengan bahan lama. Membuat makanan yang belum pernah ada walaupun dengan bahan yang lama. Ataupun menciptakan suatu makanan dengan bahan yang baru yang sebelumnya belum pernah ada yang mengolahnya
Membuat makanan yang sudah ada namun dengan cirri khas yang berbeda
Maksudnya ialah kita membuat makanan seperti yang sudah ada dan sudah ada yang pernah membuatnya namun di beri sisi yang berbeda ataupun mempunyai cirri khas yang berbeda, mulai dari rasa, tampilan atau cara penyajiannya.
Membuat makanan yang sama dengan cara yang sama
Maksudnya ialah kita membuat makanan yang sudah umum pada kalangan masyarakat. Mulai dari bahan, rasa, cara pembuatan dan penyajian yang sama
Jadi, sebaiknya jika kita ingin berbisnis dalam bidang kuliner ini kita harus memperhatikan :
Rasa
Rasa yang unik, enak, atau pada umumnya
Bahan
Sesuai dengan kebutuhan serta yang menjamin mutu baik
Alat
Sesuaikan dengan jenis makanan apa yang igin di buat
Lingkungan
Lihat sekitar lingkungan tempat kita ingin mendirikan bisnis, makanan yang sering di sukai orang sekitar
Cara Pembuatan
Pembuatan makanan di sesuaikan dengan cara cara yang benar ataupun sesuai pada umumnya
Cara Penyajian
Cara menghidangkan atau cara penyajiannya ini sangat penting, karena semua orang jika ingin makan pasti memperhatikan tampilannya terlebih dahulu

Jenis-Jenis Usaha Kuliner

Makanan Ringan (Snack, Roti, Gorengan)
Makanan Khas Daerah (Pempek, Gudeg, Tahu)
Makanan Manca (Pasta, Seafood, dll)

BAB III
REFERENSI
http://artikelyuliana.blogspot.co.id/2015/03/karya-ilmiah-peluang-bisnis-dalam.html
http://rama-1996.blogspot.co.id/2015/03/karya-ilmiah-peluang-bisnis-usaha.html
http://www.teropongbisnis.com/tips-dan-konsultasi/rahasia-mudah-untuk-sukses-dengan-usaha-kuliner/
https://www.maxmanroe.com/peluang-usaha-makanan-yang-ada-di-sekitar-kita.html

Post a Comment

 
Top